Waspadai Serangan Virus Trojan Svpeng via Google AdSense!

Sejumlah teknisi Antivirus Kaspersky beberapa waktu terakhir temukan suatu tipe baru dari Trojan mobile banking, Svpeng. Trojan itu nempel pada sejumlah iklan Adsen Google. Mulai sejak pertengahan Juli, Trojan Svpeng terjaring pada piranti Android di sekitaran 318 ribu piranti, dengan tingkat infeksi paling tinggi sejumlah 37 ribu korban /hari. Beberapa hacker mengeksploitasi bug pada Google Chrome untuk Android, punya niat mengambil info pribadi yang memiliki piranti. Insiden tersebut tersingkap sesudah Google melakukan perbaikan bug itu. Masalah pertama dari serangan Svpeng yang memakai bug di Chrome untuk Android, di ketahui berlangsung pada pertengahan Juli pada situs berita Rusia.

rsz_android-malware
Sepanjang serangan itu, Trojan dengan cara diam-diam mengunduh dianya ke piranti Android punya pengunjung situs. Beberapa pakar Kaspersky Lab temukan kalau serangan diawali dengan satu iklan yang terinfeksi serta diletakkan pada Google AdSense. Iklan itu dipertunjukkan dengan cara normal pada halaman Situs yg tidak terinfeksi, dengan Trojan cuma bakal terunduh saat pemakai terhubung halaman itu lewat browser Chrome di piranti Android.

Svpeng menyamarkan dianya sebagai up-date browser utama atau aplikasi popular supaya pemakai menyepakati instalasi. Sesudah malware di luncurkan, setelah itu dia bakal menghilang dari daftar aplikasi yang diinstal serta memohon pemakai untuk memberi hak piranti admin. Hal semacam ini bikin malware susah untuk dideteksi. Nyatanya beberapa penyerang temukan langkah melalui sebagian feature keamanan kunci dari Google Chrome untuk Android. Umumnya, saat satu file APK didownload pada piranti mobile lewat link situs eksternal, browser bakal menghadirkan peringatan kalau ada benda yang punya potensi membahayakan tengah didownload.

Dalam soal ini, penyerang temukan celah keamanan yang sangat mungkin file APK untuk didownload tanpa ada memberitahukan pemakai. Saat temukan bug itu, Kaspersky Lab selekasnya melaporkan permasalahan ini ke Google. Patch untuk bug ini bakal selekasnya di luncurkan pada pembaruan paling baru Google Chrome untuk Android. Kami menekan pemakai hindari mengunduh aplikasi dari sumber yg tidak terpercaya serta waspada saat mengacu pada keinginan ijin untuk hak akses apa yang disuruh untuk diberikan serta kenapa.

Kaspersky Lab merekomendasikan pemakai untuk meng-upgrade Chrome untuk browser Android ke versus paling baru. Trojan mobile banking Svpeng didesain untuk mengambil info dari kartu bank. Trojan juga menyatukan kisah panggilan, pesan teks serta multimedia, pemberi tanda browser serta kontak. Kaspersky Lab mendeteksi modifikasi dari malware sebagai Trojan-Banker. AndroidOS. Svpeng.

Iklan