Peneliti Florida Berhasil Ciptakan Baterai Superkapasitor

Baterai yaitu satu diantara komponen utama di satu piranti mobile. Karenanya, pengembangan serta riset untuk membuahkan baterai dengan kekuatan tambah baik, selalu dikerjakan. Sekumpulan peneliti asal University of Central Florida (UCF) sudah meningkatkan prototype baterai superkapasitor. Baterai tersebut dimaksud tambah baik dari tehnologi yang telah ada lantaran dapat bertahan 20 kali lebih lama dalam satu kali pengisian daya. Saat yang diperlukan untuk pengisian juga cuma dalam hitungan detik.

Baterai Superkapasitor

Bila perusahaan berani ganti baterai di produknya dengan superkapasitor tersebut, pemakai bisa isi daya hp sepanjang sebagian detik serta tidak butuh lakukan hal semacam itu lagi sampai satu minggu kemudian Kekuatan lain yang juga sukses diperkembang lewat riset ini yaitu ketahanan baterai yang tidak menyusut. Sebagai info, sesudah 18 bln., umumnya baterai lithium-ion bakal dengan cara bertahap mulai kehilangan daya setiap kali pengisian lagi. Tetapi purwarupa superkapasitor baterai ini tidak alami hal itu. Lewat rangkaian eksperimen yang dikerjakan beberapa peneliti, kekuatan purwarupa product ini tetaplah bekerja seperti baru sesudah diiisi lagi sampai 30.000 kali.

Kecepatan pengisian daya baterai ini bisa saja lantaran system penyimpanan daya yang dibenamkan pada product itu. Hal semacam itu tidak sama dari baterai umumnya yang memercayakan reaksi kimia untuk menaruh serta melepas daya. Beberapa peneliti memakai graphene untuk membuat satu permukaan besar untuk menaruh elektron serta tingkatkan ketahanan baterai. Material itu juga yang digunakan untuk menaruh daya dengan cara statis. Walau masih tetap dalam step awal, tidak sedikit pihak menyebutkan riset ini cukup menjanjikan. Sebab, kemungkinan besar hasil riset ini bisa diterapkan pada tehnologi lain, seperti kendaraan listrik serta penambahan manfaat penyimpanan.

Iklan